Cara Mengatasi Windows 10 Merestart dengan sendirinya



Selamat datang di Fathurrahmanmuhammad.blogspot.com kali ini saya akan membahas tentang problem Windows yg merestart dengan sendirinya. Tentunya bagi sebagian orang yg sudah pernah mengalaminya pasti tahu.
Sudah banyak forum-forum yg membahas masalah ini, ada yg mengatakan bahwa masalah tersebut adalah Bugs di windows 10, tapi setelah ada pengumuman dari Microsoft yg mengatakan bahwa penyebab masalah tersebut disebabkan karena adanya software baru yg telah di instal oleh User sendiri di pc/laptop yg belum compatible yg menyebabkan crashnya windows dan meminta restart, dan masalah ini hanya muncul kadang-kadang, sampai saat ini pihak microsoft hanya menghimbau untuk tidak menginstal software bajakan dan memeriksa satu per satu software yg anda instal.

Tapi kali ini saya akan memberikan solusi alternatif untuk masalah ini, berikut dibawah ini:

Pernah ngga lagi asik-asiknya browsing, mengerjakan tugas, mengetik, menonton video, dll. tiba-tiba muncul gambar seperti dibawah ini :

Windows 10 merestart
Yah ga bisa dipungkiri lagi yah bagi beberapa orang yang sudah pernah mengalaminya, Udah mengetik hampir selesai tiba-tiba muncul gambar seperti itu, file-file yg sudah kita ketik tadi bakalan hilang semua ga akan ke save, kan kasian tuh yg udah mengetik banyak terus tiba-tiba hilang begitu saja.

Penyebab masalah tersebut sebenarnya banyak, berikut beberapa yg dapat saya tulis 
  • Kalau masalah ini ditemukan di laptop/notebook yg baru beli berarti penyebabnya adalah software yg terinstal di notebook/laptop baru agan, atau bisa juga karna update windwos yg gagal dan menyebabkan kerusakan pada windows update, biasanya windows update lagi mengunduh pembaharuan terus kita matiin laptopnya akhirnya unduhan gagal, namun pada saat kita menyalakan lagi windows mengupdate lagi sendirinya tapi karena ada unduhan yg gagal sebelumnya lalu ditimpa dengan unduhan yg baru jadi crash deh, saya tidak bisa mendeskripsikan masalahnya secara detail. ada dua cara mengatasi masalah tersebut jika laptop/notebook anda masih baru, berikut saya uraikan dibawah:
    1. Windows update, adalah salah satu cara memperbaiki masalah tersebut yups silahkan buka Control panel > System And Security > Security and Maintenance > Troubleshooting lalu lihat gambar dibawah ini:
                     
                    Setelah itu di bagian system and security pilih Fix problems with Windows update
                    lalu akan muncul kotak dialog baru pilih next aja, ga usah saya jelasin pasti anda tahu
dan Fix it Done
silahkan restart laptop/notebook agan

  • Jika Laptop anda sudah berumur kemungkinan penyebab masalah tersebut dibawah ini
    1. Menggunakan laptop sampai Overheat, biasanya karena hardware rusak jadi menyebabkan laptop cepat panas, atau juga panas karena kipas/pendingin laptop anda rusak karna kotor atau tersumbat debu, solusi; periksa kelayakan hardware anda dan bersihkan laptop anda dari debu
    2. Ram rusak. Solusi; periksa kelayakan Ram anda dan menggantinya dengan yg baru
    3. Virus yg menjahili laptop anda, Solusi; Instal ulang
TERAKHIR....

Dari semua solusi di atas satu cara lagi, yaitu dengan mematikan setting Automatically restart pada Pc/Laptop anda, berikut dibawah ini

  • Buka Control Panel > System And Security > System, lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini

  • Pada bagian Computer name, domain, and workgroup settings, Silahkan pilih Change settings lalu akan muncul kotak dialog baru lalu pilih Advanced, lihat gambar dibawah ini



  • Pilih Setting pada bagian Startup and Recovery, yg telah saya beri tanda pada gambar di atas
  • Lalu akan muncul kotak dialog baru lagi, lihat gambar dibawah ini



  • Silahkan Uncheck pada Automatically restart, lihat yg sudah saya beri tanda pada gambar diatas, lalu ok! Done
Yg harus anda ketahui bahwa cara ini belum tentu efektif untuk semua Pc/Laptop, saran saya untuk mengatasi masalah ini tidak ada yg lebih efektif selain menginstal ulang Windows anda atau Mereset pc/laptop anda.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengubah Nama Panggilan di Cortana

Asal Usul Kerajaan Kabaena

Download Film Operation Chromite (2016)